UIN Suska Riau meraih penghargaan PTKIN dengan persentase peningkatan tertinggi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM PKTIN Tahun 2018

Pada tahun Akademik 2018/2019 UIN Sultan Syarif Kasim Riau merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) yang bergabung dengan sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI. Dalam sistem penerimaan mahasiswa baru Kementerian Agama RI melakukan dua pola penerimaan yaitu pertama dengan pola prestasi akademik yang disebut dengan Sistem Penerimaan Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) yang mana pada pola ini penerimaan diseleksi melalui nilai rapor siswa kelas XII dan prestasi non akademik. Selanjutnya yang kedua melalui pola penerimaan jalur ujian tulis yang disebut dengan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) yang mana pada pola penerimaan ini pelaksanaannya dilakukan dengan seleksi tertulis yang terbagi menjadi dua model ujian yaitu Ujian Tulis Berbasis Kertas dan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang merupakan bagian dari dua pola penerimaan mahasiswa baru tersebut telah bergabung sejak tahun 2010 yang dahulunya disebut dengan SPMB PTAIN. Semenjak bergabung UIN Suska Riau terus berbenah untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia umumnya dan bagi masyarakat Riau khususnya. Hal ini karena banyaknya keinginan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di UIN Suska Riau. Dengan banyaknya keinginan masyarakat ini maka UIN Suska Riau terus berusaha memberikan informasi kemasyarakat tentang sistem penerimaan mahasiswa baru yang ada di UIN Suska Riau. Informasi yang disampaikan atau lebih familiar dengan istilah “Sosialiasi” ini dilakukan dengan berbagai metode mulai dari iklan dan pengumuman di media massa, talkshow di televisi lokal, pemasangan spanduk dan baleho, pemanfaatan media sosial dan bahkan juga turun langsung ke seolah dan pihak terkait untuk menyampaikan informasi tentang sistem penerimaan mahasiswa baru.

Dan akhirnya kerja keras dan kerja tim yang dilakukan oleh UIN Suska Riau khususnya Bagian Akademik Biro AAKK membuah hasil yang sangat membanggakan. Diselah launching SPAN UM PTKIN pada tanggal 23 Januari 2019 di Hotel Borobudur Jakarta Pusat yang lalu, panitia nasional memberikan penghargaan kepada UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai PTKIN dengan kenaikan persentase tertinggi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UM PTKIN Tahun 2018 dengan persentase sebesar 103, 97%. Prestasi ini tidak diperoleh dengan cara instan atau dengan mudah karena untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap UIN Suska Riau bukanlah sesuatu yang mudah, melainkan dengan berbagai upaya dan usaha yang dilakukan.

dipilihnya UIN Suska Riau untuk meraih prestasi tersebut dari 61 PTKIN se Indonesia berdasarkan data yang dihimpun oleh panitia nasional dari tahun 2017 dan 2018. Data tersebut telah dihitung dan baik dan akurat oleh panitia nasional sehingga menetapkan UIN Suska Riau sebagai PTKIN dengan persentase peningkatan tertinggi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM PKTIN Tahun 2018. Semoga dengan prestasi ini mampu meningkatkan kinerja seluruh aspek di UIN Suska Riau agar prestasi-prestasi lainnya bisa diraih pada tahun 2019