BAB I U N I V E R S I T A S

BAB I
U N I V E R S I T A S

A. SEJARAH RINGKAS UNIVERSITAS

         Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) dalam bahasa Arab adalahجامعة السلطان شريف قاسم الإسلامية اﻟﺤﻜﻮمية رياو dan dalam bahasa Inggris adalah State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau merupakan hasil pengembangan/peningkatan status pendidikan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru menjadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Transformasi ini dikukuhkan berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005 tentang Perubahan IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru dan diresmikan pada 9 Februari 2005 oleh Presiden RI, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Sebagai tindak lanjut perubahan status ini, Menteri Agama RI menetapkan Organisasi dan Tata kerja UIN Suska Riau berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 8 Tahun 2005 tanggal 4 April 2005.

         Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim (IAIN Susqa) Pekanbaru sebagai cikal bakal UIN Suska Riau, didirikan pada tanggal 19 September 1970 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 194 Tahun 1970. Institut ini diresmikan berdirinya oleh Menteri Agama Republik Indonesia K.H. Ahmad Dahlan pada tanggal 19 September 1970 berupa penandatanganan piagam dan pelantikan Rektor yang pertama, Prof. H. Ilyas Muhammad Ali. IAIN Susqa ini pada mulanya berasal dari beberapa fakultas dari Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta yang kemudian dinegerikan, yaitu Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Riau di Pekanbaru, Fakultas Syariah Universitas Islam Riau di Tembilahan, dan Fakultas Ushuluddin Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru.

       Dengan persetujuan Pemerintah Daerah, maka Institut Agama Islam Negeri Pekanbaru ini diberi nama dengan Sulthan Syarif Qasim. Beliau merupakan Sulthan Kerajaan Siak Sri Indrapura ke-12 atau terakhir, dan pahlawan nasional asal Propinsi Riau. Pengambilan nama ini dimaksudkan untuk mengingat jasa-jasa perjuangan dan pengabdian beliau terhadap negara RI, termasuk di bidang pendidikan.

     Pada mulanya, IAIN Susqa Pekanbaru ini mengambil tempat kuliah di bekas sekolah Cina di Jl. Cempaka, sekarang bernama Jl. Teratai, kemudian dipindahkan ke Masjid Agung An-Nur. Dalam perkembangannya, tahun 1973 IAIN Susqa Pekanbaru menempati kampus di Jl. Pelajar, sekarang menjadi Jl. K.H. Ahmad Dahlan. Gedung perkuliahan dan perkantoran yang pertama seluas 840 m2 yang terletak di atas tanah berukuran 3,65 Ha dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah. Kampus IAIN Susqa Pekanbaru diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Riau selaku Kepala Daerah Tingkat I, Bapak Arifin Achmad, pada tanggal 19 Juni 1973.

    Ketika didirikan, IAIN Susqa Pekanbaru hanya terdiri atas tiga fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari’ah, dan Fakultas Ushuluddin. Namun sejak tahun 1998, IAIN Susqa mengembangkan diri dengan membuka Fakultas Dakwah. Fakultas ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 104 Tahun 1998 tanggal 24 Pebruari 1998. Fakultas ini pada mulanya berasal dari Jurusan Dakwah yang ada pada Fakultas Ushuluddin. Sebelumnya, pada tahun 1997 telah berdiri pula Program Pascasarjana/PPs IAIN Susqa Pekanbaru.

       Keinginan untuk memperluas bidang kajian di IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru muncul melalui Seminar Cendikiawan Muslim (1985), Seminar Budaya Kerja dalam Perspektif Islam (1987), dan dialog ulama serta cendikiawan se-Propinsi Riau. Tiga tahun berturut-turut (1996, 1997, 1998) melahirkan rekomendasi agar IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru membuka program studi baru (umum). Melalui keputusan rapat senat IAIN Susqa Pekanbaru tanggal 9 September 1998 yang menetapkan perubahan status IAIN Susqa Pekanbaru menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, maka dilakukan persiapan secara bertahap. Mulai pada tahun akademik 1998/1999 telah dibuka beberapa program studi umum pada beberapa fakultas, seperti program studi Psikologi pada Fakultas Tarbiyah, program studi Manajemen dan Manajemen Perusahaan pada Fakultas Syari’ah, dan program studi Ilmu Komunikasi pada Fakultas Dakwah. Pada tahun akademik 1999/2000 IAIN Susqa Pekanbaru telah pula membuka Program Studi Teknik Informatika. Satu tahun kemudian, tepatnya tahun akademik 2000/2001, dibuka pula Program Studi Teknik Industri. Kedua program studi ini untuk sementara ditempatkan di bawah administrasi Fakultas Dakwah.

      Pada tahun akademik 2002/2003 program studi umum yang ada pada fakultas diatas dan ditambah beberapa program studi baru, ditingkatkan menjadi fakultas yang berdiri sendiri. Fakultas-fakultas tersebut adalah Fakultas Sains dan Teknologi dengan Jurusan/Program Studi Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, dan Matematika, Fakultas Psikologi dengan Jurusan/Program Studi Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dengan Program Studi Manajemen, Akuntansi dan Manajemen Perusahaan Diploma III, dan Fakultas Peternakan dengan Program Studi Ilmu Ternak dengan konsentrasi Teknologi Produksi Ternak, Teknologi Hasil Ternak dan Teknologi Pakan dan Nutrisi.

      Dengan demikian, pada tahun akademik 2002/2003, IAIN Susqa sebagai persiapan menjadi UIN Suska Riau telah mempunyai 8 fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Peternakan. Peningkatan status IAIN menjadi UIN dimaksudkan untuk menghasilkan sarjana muslim yang mampu menguasai, mengembangkan, dan menerapkan ilmu ke-Islaman, ilmu pengetahuan dan teknologi secara integral, sekaligus menghilangkan pandangan dikotomi antara ilmu keislaman dan ilmu umum.

     Pengembangan UIN Suska Riau tidak hanya dilakukan pada bidang akademik semata, seperti melalui pembukaan fakultas-fakultas dan program-program studi baru, tapi juga diarahkan pada pengembangan di bidang fisik, sarana, dan prasarana. Melalui bantuan Islamic Development Bank dan Pemerintah RI, UIN Suska Riau telah berhasil membangun 13 gedung perkantoran dan perkuliahan, dan infrastruktur serta fasilitas pendukung kegiatan perkuliahan. Disamping itu, melalui bantuan tersebut, UIN Suska Riau berhasil meningkatan SDM terutama dosen yang dibiayai Pendidikan S3 di dalam dan luar negeri. Tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di UIN Suska Riau, penambahan dan pembebasan lahan kampus telah berhasil dilakukan. UIN Suska Riau memiliki lahan seluas 84,15 Ha yang terdiri atas 3,65 Ha di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Sukajadi dan 80,50 Ha di Jl. HR. Soebrantas No. 155 Km. 15, Simpangbaru, Panam Pekanbaru. Lahan kampus di Jl. HR. Soebrantas Km. 15 tersebut dibebaskan pada tahun 1981/1982 mulanya seluas 60 Ha dan diperluas pada tahun 2003-2006 menjadi 80,50 Ha. Pada tahun 1995/1996 pembangunan fisik dilahan ini telah dimulai dan telah berhasil membangun gedung seluas 5.760 m2 untuk 70 ruang kuliah.

       Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) RI Nomor 8 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Suska Riau dan PMA RI Nomor 56 Tahun 2006 tentang Perubahan atas PMA RI No. 8 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Suska Riau, maka UIN Suska Riau memiliki 8 fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, dan Fakultas Pertanian dan Peternakan.

      Sejak berdirinya IAIN Susqa sampai menjadi UIN Suska hingga sekarang ini telah beberapa kali mengalami pergantian pimpinan, sebagai berikut:

No Nama Periode
1. Prof. H. Ilyas Muh. Ali 1970 – 1975
2. Drs. H. A. Moerad Oesman 1975 – 1979
3. Drs. Soewarno Ahmady 1979 – 1987
4. Drs. H. Yusuf Rahman, MA 1987 – 1996
5. Prof. Dr. H. Amir Luthfi 1996 – 2000
6. Prof. Dr. H. Amir Luthfi 2000 – 2005
7. Prof. Dr. H. M. Nazir 2005 – 2010
8. Prof. Dr. H. M. Nazir 2010 – 2014
9. Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA 2014 – 2018

B. VISI, MISI, KARAKTERISTIK,TUJUAN DAN IDENTITAS UIN SUSKA RIAU
       V i s i
“Visi UIN Suska Riau adalah terwujudnya Universitas Islam Negeri sebagai lembaga pendidikan tinggi pilihan utama pada tingkat dunia yang mengembangkan ajaran Islam, ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni secara integral pada tahun 2023”.
       M i s i

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan menggunakan paradigma Islami;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan/atau seni dengan menggunakan paradigma Islami;
  4. Menyelenggarakan tatapamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan trasnparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelajutan.

   Karakteristik

  1. Pengembangan paradigma ilmu yang memberi penekanan pada rasa iman dan tauhid (belief affection).
  2. Pengembangan berbagai cabang ilmu pengetahuan dengan pendekatan religius sehingga nilai-nilai Islam menjadi roh bagi setiap cabang ilmu pengetahuan dengan penerapan prinsip Islam dalam Disiplin Ilmu (IDI) sebagai upaya riil mewujudkan integrasi ilmu dengan Islam.
  3. Penyelenggaraan beberapa disiplin ilmu untuk mencapai standar kompetensi ilmu-ilmu keislaman yang memperkuat domain akidah, ibadah, muamalah dan akhlak
  4. Pembinaan dan pengembangan lingkungan yang madani sesuai dengan nilai-nilai Islam melalui program Ma’had ‘Al-jami’ah.
  5. Perwujudan keunggulan akademik dan profesionalisme yang didasarkan pada moral keagamaan dalam kehidupan kampus.
  6. Pengembangan studi Regional Islam Asia Tenggara dan Tamaddun Melayu sebagai pusat keunggulan (center of excellence)

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan serta keunggulan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, menciptakan ilmu pegetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bernafaskan Islam;
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu agama Islam, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan martabat dan taraf kehidupan masyarakat serta memperkaya kebudayaan nasional;
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul berkelas dunia;
  4. Menghasilkan kinerja institusi yang efektif untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.

Identitas

    1. Nama, Tempat Kedudukan dan Tanggal Pendirian
      1. Nama Perguruan Tinggi adalah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau disingkat UIN Suska Riau.
      2. Universitas berkedudukan di Riau, Indonesia
      3. Universitas merupakan perubahan dari Institut Agama Islam negeri Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru yang berdiri pada 16 September 1970 menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada tanggal 4 Januari 2005 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2005 tentang Perubahan Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru menjadi Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
    2. Lambang

Universitas memiliki lambang sebagaimana terlukis dibawah ini

yang terdiri dari unsur-unsur dengan inti pengertian :

      1. Lambang Universitas yang berbentuk segi delapan yang merupakan simbol Islami. Segi delapan ini merupakan penggabungan dua segi empat secara simetris. Segi empat mengandung arti : mapan, kokoh, keteraturan, logis, dan aman selamat sejahtera (Salam-Islam);
      2. Apabila ditarik garis secara vertikal dan harizonal menuju sudut atas dan bawah serta kiri dan kanan, maka akan membentuk empat segi tiga secara simestris. Segi tiga mengandung arti energik, kesinambungan dan keseimbangan;
      3. Spiral menggambarkan putaran bintang-bintang pada galaksi andromeda atau nebula pilin yang merupakan galaksi terdekat dengan bimasakti;
      4. Andromeda merupakan simbol keluasan dan keteraturan alam semesta yang menjadi objek kajian ilmu pengetahuan, sains dan teknologi;
      5. Pemilihan dan penggunaan bentuk tiga seperitual, kemudian diolah menjadi simestris sehingga tampak seperti spiral kembar menimbulkan bentuk baru, yaitu: hati dan baling baling yang tampak berputar cepat pada titik sumbu penggerak yang berarti: ilmu pengetahuan, sains dan teknologi serta seni islami yang saling berintegrasi dan berkembang sedemikian rupa yang digerakkan oleh dan berdasarkan serta berorientasi tauhid;
      6. Gaya desain yang biasa disebut vortex ini mengandung makna bentukan garis-garis simbol pada logo merupakan bentuk dua dimensi (wimatra), yaitu: khat ”iqra’”yang dipisahkan oleh formasi U+N dan spiral kembar berbentuk Andromeda; dan
      7. Secara keseluruhan lambang Universitas merupakan gabungan dari tren desain logo terkini, yaitu:
        1. Gaya garis, pada keseluruhan komponen;
        2. Gaya gelombang pada dua spiral yang juga merupakan gaya tetesan air serta gaya bayangan dengan menggunakan efek highlight untk menambah kesan dimensi gometrik vortex; dan
        3. Gaya label dengan mengambil suatu bentuk tertentu sebagai obyek dengan tulisan UIN. Dengan gaya ini mengatakan apa yang dilakukan, sedang tulisannya (UIN) mengatakan siapa mereka.

Mars dan Hymne

a. MARS UIN
5 . 5 3 . 3 3 . 2 1 3 . 4 5 6 5 . 6 . 6 6 . 5 4 . 3 4 . 6 5 . 0 6
U i n sus ka ri au sba gai lem ba ga pen di di kan ting gi u ta ma ter

4 . . 3 2 5 3 . 4 3 . 2 1 2 . 3 4 4 . 5 6 7 5 . 0 5 . 5
Ke mu ka di ting kat du ni a kem bang kan a ja ran is lam il mu

3 . 3 3 . 2 1 3 . 4 5 6 5 . 6 . . 5 4 . 3 4 . 6 5 . 0 6
pe nge ta hu an dan tek no lo gi o lah ra ga dan se ni peng

4 . . 3 2 5 3 . 4 3 . 2 1 . 1 7. 1 2 . 2 5 . 6 5 . 4 3 . 2 1.
ka ji an se ca ra in te gral stu di re gio nal is lam a sia teng ga ra

0 3 . 3 6 6 . 5 6 7 . 1 7. 1 7 . 6 5 . 5 . . 6 7 5 6 . 0 3
So si al bu da ya ta ma dun me la yu il mi ah po kok tri

6 6 . 5 6 7 . 1 7 . 1 7 . 6 5 . 7 . . 6 5 . 4 3 . 4 5 . 0 5 . 5
Dhar ma per gu ru an ting gi ber pra dig ma is la mi bang kit

7 7 . 1 2 5 . 5 1 2 3 3 . 3 2 2 . 1 7 1 . 1 6 . 0 5 . 5
Lah ci vi tas a ka de mi ka ber sa ma u in sus ka ri au ma ju

7 7 . 1 2 5 . 5 1 1 . 2 3 3 . 3 2 2 . 1 7 . 5 6 . 7 1 . 0
Lah a ga ma ne ga ra dan bang sa ber sa ma u in sus ka ri au

b. HYMNE UIN

3 3 6 5 6 7 6 5 6 5 4 5 3 . 5 . 4 3 2 1 2 3 . 0 3 3
U ni ver si tas is lam ne ge ri sul tan sya rif ka sim mem ba

7 7 1 2 1 2 3 1 6 2 1 7 6 7 6 7 5 . 0 3 3
ngun sum ber da ya ma nu si a ber kua li tas a ka de mik me mi

6 5 6 7 6 5 6 5 4 5 3 . 5 . 4 3 2 1 2 3 . 0 3 3
li ki in te gri tas pri ba di sba gai sar ja na mus lim ko koh

7 7 1 2 1 2 3 1 6 3 4 3 5 4 3 2 1 7 6 . 0 6
A qi dah man tap i ba dah lu as il mu dan wa wa san nya mul

1 3 2 1 7 1 2 2 4 3 2 2 1 7 7 6 5 1 7 6 . 0 5 5
ia akh laq nya ku at da ya ju ang nya quran ha dits sba gai pe do man cer mat

1 1 3 2 1 7 1 2 2 4 3 2 2 3 4 3 2 3 4 6 3 . 0 3
A na li sa nya ting gi ke tram pi lan nya u ni ver si tas ke las du nia uin

2 . 1 7 3 3 1 2 1 7 6 5 6 7 7 1 2 4 5 3 . 0 3 3
Sus ka ri au be ru bah un tuk ma ju kam pus is lam ma da ni bera

2 2 1 7 7 3 3 1 2 1 7 6 5 6 7 7 3 4 3 2 1 7 6 . 0
zam menja di lemba ga pen di di kan ting gi ter ke mu ka di se an te ro du nia
C. STRUKTUR ORGANISASI DAN NAMA JABATAN STRUKTURAL DAN NON STRUKTURAL
1. Struktur Organisasi
Berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI No. 9 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tatakerja UIN Suska Riau serta Peraturan Menteri Agama RI No. 74 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama RI No. 9 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tatakerja UIN Suska Riau dan Peraturan Menteri Agama RI No. 23 Tahun 2014 tentang Statuta UIN Suska Riau, organisasi Universitas terdiri dari Organ Pengelola, Organ Pertimbangan dan Organ Pengawas.
Organ Pengelola Universitas terdiri dari :
a. Rektor dan Wakil Rektor
b. Fakultas
1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
2) Fakultas Syariah dan Hukum
3) Fakultas Ushuluddin
4) Fakultas Dakwah dan Komunikasi
5) Fakultas Sains dan Teknologi
6) Fakultas Psikologi
7) Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
8) Fakultas Pertanian dan Peternakan
c. Pascasarjana
d. Biro
1) Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan
2) Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama
e. Lembaga
1) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
2) Lembaga Penjamin Mutu
f. Unit Pelaksana Teknis
1) Pusat Perpustakaan
2) Pusat Teknologi Informasi dn Pangkalan Data
3) Pusat Pengembangan Bahasa
4) Pusat Mah’ad Al-Jami’ah
5) Pusat Pengembangan Bisnis

Organ Pertimbangan Universitas terdiri dari :
a. Dewan Penyantun
Dewan Penyantun merupakan badan non struktural yang dari tokoh masyarakat yang mempunyai fungsi memberikan saran dan pertimbangan dibidang non akademik kepada Rektor
b. Senat Universitas
Senat Universitas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi Universitas yang mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan dibidang akademik kepada Rektor.
c. Senat Fakultas
Senat Fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan ditingkat Fakultas yang mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan dibidang akademik dan non akademik kepada Dekan

Organ Pengawasan Universitas terdiri dari :
Satuan Pemeriksa Intern.
Satuan Pemeriksa Intern yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan, pengendalian, evaluasi dan audit dibidang keuangan dan kinerja Universitas.

2. Nama Jabatan Struktural dan Non Struktural
a. Rektor dan Wakil Rektor
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Rektor Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA

2. Wakil Rektor
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Hj. Helmiati, M.Ag.

3. Wakil Rektor
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. H. Akhyar, M.Ag.

4. Wakil Rektor
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Tohirin, M.Pd.

b. Fakultas
1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd.
2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Kusnadi, M.Pd.
3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. Zaitun, M.Ag.
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Hairunas, M.Ag.
5. Kepala Bagian
Tata Usaha Fitry Yenty, S.Ag.
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan Salsabila, SP, MP.
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Asfendi, S.Ag., M.Si.

PROGRAM STUDI
1. Pendidikan Agama Islam
Ketua
Sekretaris
Dra. Hj. Yuliharti, M.Ag
Drs. M. Fitriadi, MA
2. Pendidikan Bahasa Arab
Ketua
Sekretaris
Dr. H. Aprijon Efendi, Lc., MA
Nandang Sarip Hidayat, Sp.I, MA
3. Manajemen Pendidikan Islam
Ketua
Sekretaris
M. Khalilullah, S.Ag., MA
Nunu Mahnun, S.Ag., M.Pd.
4. Pendidikan Bahasa Inggris
Ketua
Sekretaris
Drs. M. Syafi’i, M.Pd
Rizki Fiprinita, M.Pd
5. Pendidikan Matematika
Ketua
Sekretaris
Dr. Risnawati, M.Pd.
Suhandri, S.Si., M.Pd.
6. Pendidikan Ekonomi
Ketua
Sekretaris
Dra. Hj. Nurasmawi, M.Pd.
Drs. Akmal, M.Pd.
7. Pendidikan Kimia
Ketua
Sekretaris
Pangoloan Soleman Ritonga, S.Pd., M.Si.
Darto, S.Pd.I, M.Pd.
8. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Ketua
Sekretaris
Dra. Hj. Nurhasnawati, S.Pd.I., M.Pd., M.Si.
Dra. Hj. Sakilah, M.Pd.
9. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Ketua
Sekretaris
Drs. Zulkifli, M.Ed.
Dra. Hj. Ilmiati, M.Ag.
10 Program Studi Tadris IPA
Ketua
Sekretaris

11 Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Ketua
Sekretaris

2) Fakultas Syariah dan Hukum
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Dr. H. Akbarizan, M.Ag., M.Pd.
2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Mawardi Muhammad Saleh, Lc., MA
3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. Hj. Hertina, M.Pd.
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Zulkifli, M.Ag.
5. Kepala Bagian
Tata Usaha Dra. Refdayati
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan Sri Yani, SE
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Rosmiati, S.Ag.

PROGRAM STUDI
1. Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah)
Ketua
Sekretaris
Haswir, M.Ag.
Drs. Zainal Arifin, MA
2. Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Ketua
Sekretaris
Dr. Zulfahmi Bustami, M.Ag.
Dr. Wahidin, M.Ag.
3. Perbandingan Mazhab dan Hukum
Ketua
Sekretaris
Hendri Sayuti, M.Ag.
H. Akmal Abdul Munir, Lc., MA
4. Hukum Tata Negara (Siyasah)
Ketua
Sekretaris
Dr. H. Ismardi, M.Ag.
H. Rahman Alwi, M.Ag.
5. Ekonomi Syariah
Ketua
Sekretaris
Kamiruddin, M.Ag.
Bambang Hermanto, M.Ag.
6. Perbankan Syariah
Ketua
Sekretaris
Khairul Amri, M.Ag.
Nurnasrina, SE, M.Si.
7. Ilmu Hukum
Ketua
Sekretaris
Hj. Nuraini Sahu, SH, MH
Asril, S.HI, MH

3) Fakultas Ushuluddin
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Dr. Wilaela, M.Ag.
2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Khairunnas Jamal, M.Ag.
3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. H. Agustiar, M.Ag.
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Abu Bakar, M. Pd.
5. Kepala Bagian
Tata Usaha H. Syamsinurdin, SH
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan Nurima, S.Pd.I
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Eri Surianto, S.HI

PROGRAM STUDI
1. Aqidah dan Filsafat Islam
Ketua
Sekretaris
Tarpin, M.Ag.
M. Yasir, MA.
2. Ilmu Al-qur’an dan Tafsir
Ketua
Sekretaris
Dr. Afrizal Nur, M.Is.
Jani Arni, S.Th.I, M.Ag.
3. Studi Agama-agama
Ketua
Sekretaris
Drs. Abu Bakar, M.Pd.
Khairiah, M.Ag.
4. Studi Ilmu Hadits
Ketua
Sekretaris
Dr. H. M. Ridwan Hasbi, Lc., MA
Drs. Kaizal Bay, M.Si

4) Fakultas Dakwah dan Komunikasi
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Dr. Yasril Yazid, MIS

2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Elfiandri, M.Si.

3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. H. Masrun, MA
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Azni, M.Ag.
5. Kepala Bagian
Tata Usaha Drs. Zulkifli
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan Sarmadi, S.Ag.
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Yazil, S.Ag.

PROGRAM STUDI
1. Pengembangan Masyarakat Islam
Ketua
Sekretaris
Drs. Syahril Romli, M.Ag.
Rosmita, M.Ag.
2. Bimbingan dan Konseling Islam
Ketua
Sekretaris
Zulamri, S.Ag., MA
Listiawati Susanti, S.Ag., MA
3. Ilmu Komunikasi
Ketua
Sekretaris
Mardhiah Rubani, M.Si.
Artis, S.Ag, M.I.Kom.
4. Manajemen Dakwah
Ketua
Sekretaris
Rafdeadi, S.Sos.I, MA
Imron Rosidi, S.Pd, MA, Ph.D

5) Fakultas Sains dan Teknologi
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Dr. Hartono, M.Pd.
2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Teddy Purnamirza, ST, M.Eng.
3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. Rado Yendra, S.Si., M.Sc.
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Okfalisa, ST, M.Sc.
5. Kepala Bagian
Tata Usaha Erni, S.Sos., MM
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan Yanti Dasmiyarni, S.Kom., MM
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hj. Ernawita, SE, MA

PROGRAM STUDI
1. Teknik Informatika
Ketua
Sekretaris
Muhammad Irsyad, ST, MT
Febi Yanto, S.Kom., M.Kom.
2. Teknik Industri
Ketua
Sekretaris
Ismu Kusumanto, ST, MT
Tengku Nurainun, ST, MT
3. Sistem Informasi
Ketua
Sekretaris
Syaifullah, SE, M.Sc.
Anofrizen, M.Kom.
4. Matematika
Ketua
Sekretaris
Ari Pani Desvina, S.Si., M.Sc.
Mohammad Soleh, S.Si., M.Sc.
5. Teknik Elektro
Ketua
Sekretaris
Dr. Alex Wenda, ST, M.Eng.
Ewi Ismarendah, S.Kom., M.Kom.

6) Fakultas Psikologi
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Dr. H. Zuriatul Khairi, M.Ag., M.Si.
2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. H. Raihani, M.Ed., Ph.D
3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. H. Helmi Basri, Lc., MA
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Nurfaizal, M.Ag.
5. Kepala Bagian
Tata Usaha Eri Zulfahmi, SE
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan Drs. A. Khairani Nur
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Nurhasanah, S.Ag.

PROGRAM STUDI
1. Bagian Psikologi Klinis dan Agama
Ketua
Sekretaris
Lisya Chairani, MA.Psi.
Anggia Kargenti E. M., S.Psi., M.Si.
2. Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Ketua
Sekretaris
Sri Wahyuni, MA, M.Psi.
Desma Husni, S.Pd.I, MA.Psi.
3. Bagian Psikologi Industri dan Organisasi
Ketua
Sekretaris
Hijriyati Cucuani, M.Psi.
Ami Widyastuti, M.Psi.

7) Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Dr. Mahendra Romus, SP, M.Ec.
2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Mahyarni, SE, MM
3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. Leny Nofianti, SE, M.Si.Ak., CA
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Mahmuzar, M.Hum.
5. Kepala Bagian
Tata Usaha H. A. Bukhari, SH., MH
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan H. Jaiz
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Asnawati, S.I.Kom.

PROGRAM STUDI
1. Manajemen
Ketua
Sekretaris
Dr. Mulia Sosiady, SE, MM, Ak, CA
Irien Violinda Anggriani, SE, M.Si.
2. Manajemen Perusahaan
Ketua
Sekretaris
Lusiawati, SE, MBA
Sahwitri Triandani, SE, M.Si
3. Akuntansi
Ketua
Sekretaris
Ikhwani Ratna,SE.M.Si.Ak
Nelsi Arisandy,SE.M.Ak.Akt.CA
4. Akuntansi D3
Ketua
Sekretaris
Andri Novius, SE, M.Si., Ak.
Faiza Muklis, SE, M.Si.Akt
5. Ilmu Administrasi Negara
Ketua
Sekretaris
Rusdi, S.Sos., MA
Weni Puji Hastuti, S.Sos., M.KP
6. Administrasi Perpajakan
Ketua
Sekretaris
Afrizal, S.Sos., M.Si.
Hesti Wulandari, SE, M.Sc.Ak.

8) Fakultas Pertanian dan Peternakan
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Dekan Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D
2. Wakil Dekan
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Triani Adelina, S.Pt., MP
3. Wakil Dekan
Bidang Administrasi Umum, Perencanaan
dan Keuangan Dr. Arsyadi Ali, S.Pt., M.Agr., Sc.
4. Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Yendra Liza, S.Pt., MP
5. Kepala Bagian
Tata Usaha Yasniwati, S. Ag
6. Kepala Subbagian
Administrasi Umum dan Keuangan Azmiati, S.Ag.
7. Kepala Subbagian
Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Nailil Amani, S.Ag.

PROGRAM STUDI
1. Peternakan
Ketua
Sekretaris
Dewi Ananda Mucra, S.Pt., MP
drh. Jully Handoko, S.K.H., M.K.L
2. Agroteknologi
Ketua
Sekretaris
Oksana, SP, MP
Irsyadi Siradjuddin, SP, M.Si.

c. Pascasarjana
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Direktur Prof. Dr. H. Ilyas Husti, MA

d. Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Kepala Biro
Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dra. Kafrina
2. Kepala Bagian
Umum Dra. Hj. Eli Sabrifha, M.Ag.

3. Kepala Bagian
Perencanaan Dra. Hanifah Aidil Fitri

4. Kepala Bagian
Keuangan dan Akuntansi Drs. H. A. Munir, MA

5. Kepala Bagian
Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Dra. Hj. Syarifah, MM

6. Kepala Sub Bagian
Tata Usaha dan Rumah Tangga pada Bagian Umum Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Elfia Nora, S.Ag
7. Kepala Sub Bagian
Humas, Dokumentasi dan Publikasi pada Bagian Umum Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Khaidir Alimin, S.Ag., SS., M.Si
8. Kepala Sub Bagian
Data dan Informasi Perencanaan pada Bagian Perencanaan Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Budi Satriadi, S.Ag.
9. Kepala Sub Bagian
Penyusunan, Evaluasi dan Pelaporan Program dan Anggaran pada Bagian Perencanaan Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Ulva Indra, SE
10. Kepala Sub Bagian
Pelaksanaan Anggaran dan Perbendaharaan pada Bagian Keuangan dan Akuntansi Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Yuzamri, S.Pd.I
11. Kepala Sub Bagian
Verifikasi dan SIMAK BMN pada Bagian Keuangan dan Akuntansi Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Jasnida, S.Ag., M.Sy.
12. Kepala Sub Bagian
Akuntansi dan Pelaporan Keuangan pada Bagian Keuangan dan Akuntansi Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Safarin, MA
13. Kepala Sub Bagian
Organisasi dan Tatalaksana pada Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Abd. Muin, S.Th.I
14. Kepala Sub Bagian
Kepegawaian pada Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Ghurfa, S.HI
15. Kepala Sub Bagian
Hukum pada Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Sri Hartatik, S.Pd.I., MA

e. Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Kepala Biro
Administrasi Akademik, Kemahasiswaan
dan Kerjasama Drs. H. Eramli Jantan Abdullah, MM
2. Kepala Bagian
Akademik Drs. H. Darul Khutni
3. Kepala Bagian
Kemahasiswaan dan Alumni Rinayeni, S.Sos.
4. Kepala Bagian
Kerjasama dan Kelembagaan Muhammad Nasir, S.Ag.
5. Kepala Sub Bagian
Informasi Akademik pada Bagian Akademik Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Desi Devrika Devra, S.HI., M.Si
6. Kepala Sub Bagian
Administrasi Akademik pada Bagian Akademik Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Bukhri, S.Ag.
7. Kepala Sub Bagian
Layanan Akademik pada Bagian Akademik Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Sukmaleta, S.Sos.
8. Kepala Sub Bagian
Alumni pada Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Yulizar, S.Ag., MA
9. Kepala Sub Bagian
Alumni pada Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Hj. Rosidah, S.Pd.I
10. Kepala Sub Bagian
Kerjasama dan Pengembangan Lembaga pada Bagian Kerjasama dan Kelembagaan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Surasni, SE
11. Kepala Sub Bagian
Bina PTAIS pada Bagian Kerjasama dan Kelembagaan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Syafarina, S.Th.I

f. Lembaga
1) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Kepala Drs. H. Promadi, MA, Ph.D
2. Sekretaris Dr. H. Zarkasih, M.Ag.
3. Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan M. Abdi Almaktsur, MA
4. Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Budi Azwar, SE, M.Ec.
5. Kepala Pusat Studi Gender dan Anak Julina, SE, M.Si.
6. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Hj. Azmar, S.Ag.
2) Lembaga Penjamin Mutu
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Kepala Prof. Dr. Amril
2. Sekretaris Dr. H. Erman, M.Ag.
3. Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Muhammad Nurwahid, M.Ag.
4. Kepala Pusat Audit dan Pengandalian Mutu Novianti, ST, M.Kom.
5. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Jalinus, S.Ag

g. Unit Pelaksana Teknis
No. Nama Jabatan Nama Pejabat
1. Kepala Perpustakaan Dr. Suryani, S.Ag., SS, M.Si.
2. Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data Benny Sukma Negara, ST, MT
3. Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Drs. Kalayo Hasibuan, M.Ed.Tesol.
4. Kepala Pusat Mah’ad Al-Jami’ah Dr. H. Masyhuri Putra, Lc, MA
5. Kepala Pusat Pengembangan Bisnis H. Mohd. Kastulani, SH, MH

D. FASILITAS DAN SARANA PENDIDIKAN
Saat ini UIN Suska telah memiliki bangunan gedung seluas 33.080 m2 yang terdiri atas 7.320 m2 di kampus I, Jl. K.H. Ahmad Dahlan yang disebut juga dengan kampus “Tuanku Tambusai”, dan 974.934 m2 di kampus II di Jl. H.R. Soebrantas km. 15 no. 155 Simpang Baru Tampan yang disebut juga dengan kampus “Raja Ali Haji”. Bangunan tersebut dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Sedangkan pembangunan fisik di Kampus “Raja Ali Haji” gencar dilakukan, baik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan Kabupaten/Kota, perusahaan swasta, dana IDB maupun bantuan berbagai pihak lainnya, yang terdiri dari:

1. Gedung perkuliahan
2. Gedung perkantoran
3. Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa
4. Asrama Mahasiswa (Ma’had Al-Jami’ah)
5. Gedung Laboratorium
6. Islamic Centre (Pusat Kajian Islam).
7. Gedung Pusat Kegiatan Penguatan Karakteristik ke Islaman Mahasiswa
Tahun Akademik 2008-2009, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, khususnya seluruh Fakultas dan Rektorat telah pindah ke kampus II Raja Ali Haji (kampus UIN Panam), sedangkan kampus I Tuanku Tambusai (kampus UIN Sukajadi) khusus untuk Program Pascasarjana dan beberapa pelayanan akademik lainnya, seperti belajar dan mengajar di Pusat Pengembangan Pelayanan Bahasa (P3B).

E. TENAGA AKADEMIK
Tenaga akademik pada perguruan tinggi adalah dosen. Tenaga dosen pada Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau terdiri dari dosen tetap, dosen tidak tetap dan dosen mitra. Jumlah dosen tetap adalah 531 orang dan dosen tidak tetap berjumlah 148 orang, dengan rincian sebagai berikut:

Dosen PNS Menurut Kualifikasi Pendidikan
No Fakultas S-1 S-2 S-3 Jumlah
1. Tarbiyah dan Keguruan 5 134 29 168
2. Syariah dan Hukum – 55 25 80
3. Ushuluddin – 25 21 46
4. Dakwah dan Komunikasi 1 38 8 47
5. Sains dan Teknologi – 65 – 65
6. Psikologi 1 25 5 31
7. Ekonomi dan Ilmu Sosial – 63 5 68
8. Pertanian dan Peternakan – 17 9 26
Jumlah 7 422 102 531

Dosen NON PNS Menurut Jenjang Pendidikan
No Fakultas S-1 S-2 S-3 Jumlah
1. Tarbiyah dan Keguruan 5 20 – 25
2. Syariah dan Hukum – 18 1 19
3. Ushuluddin – 2 1 3
4. Dakwah dan Komunikasi – 15 1 16
5. Sains dan Teknologi 9 22 2 33
6. Psikologi 2 4 – 6
7. Ekonomi dan Ilmu Sosial 2 24 1 27
8. Pertanian dan Peternakan – 19 – 19
Jumlah 18 124 6 148

Catatan : Diantara beberapa Doktor diatas, sudah memiliki gelar Guru Besar.