BAB V VISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS

BAB V
VISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS

A. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
Visi :
“Terwujudnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai lembaga yang unggul dalam pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.

Misi :
1. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam dalam disiplin ilmu pendidikan dan keguruan;
2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan keguruan berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
4. Menyiapkan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
5. Memperkuat sistem tata kelola kelembagaan dalam menunjang kelancaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan :
1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, profesional, dan kompetitif;
2. Menghasilkan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
3. Memberi kontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan formal, informal, dan nonformal berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memiliki 9 (Sembilan) Program Studi yakni :

1. Program Studi Pendidikan Agama Islam

Visi :
“Menjadi lembaga utama dalam memajukan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan agama Islam secara integral melalui pembelajaran, pengkajian dan pemikiran serta pelayanan kepada masyarakat di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Membentuk, meningkatkan, dan memajukan sumber daya manusia berkualitas yang mampu mengembangkan, menerapkan dan mengintegrasikan ilmu pendidikan agama Islam dengan teknologi secara akademik.
2. Menggali dan merumuskan pemikiran pendidikan agama Islam yang terintegrasi dengan sains dan relevan dengan pembangunan nasional.
3. Mengembangkan pemikiran dan karya ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan agama Islam secara integral guna memajukan kebudayaan dan peradaban serta menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
4. Memberikan pelayanan pendidikan, latihan, inservice-training, workshop, pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan kualitas, kuantitas serta integritas ilmu pendidikan berparadigma Islami kepada stakeholder/masyarakat.

Tujuan
1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang mampu menjadi tenaga pendidik bidang studi agama Islam pada SD/MI, SLTP/MTs, SMK/MAPK, SLTA/MA
2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang mampu menjadi pengelola (manager) lembaga pendidikan Islam.
3. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan agama Islam memajukan kebudayaan dan peradaban serta menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
4. Menghasilkan pelayanan pendidikan, latihan, inservice-training, workshop, pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan kualitas, kuantitas serta integritas ilmu pendidikan berparadigma Islami kepada masyarakat.

2. Program Studi Bahasa Arab

Visi
“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dalam bidang pengajaran, penelitian berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam serta pelayanan kepada masyarakat di Dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam dalam disiplin ilmu pendidikan dan keguruan;
2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pendidikan dan metodologi pengajaran bahasa Arab berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Arab berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.

Tujuan
Berdasarkan Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau tersebut di atas, maka untuk merealisasikannya ditetapkan 3 (tiga) tujuan pencapaian. Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau tersebut adalah :
1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, profesional, dan kompetitif serta terampil dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK);
2. Menghasilkan peneliti yang handal dalam pengembangan ilmu pendidikan dan metodologi pengajaran bahasa Arab berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
3. Menghasilkan sumber daya manusia yang memberi kontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan pengajaran bahasa Arab di lembaga pendidikan formal, informal, dan nonformal berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam

3. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Visi
Dengan merujuk pada visi UIN Suska Riau dan FTK UIN Suska, maka visi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) telah dirumuskan sebagai berikut: “Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai lembaga model dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam di dunia pada Tahun 2023”. Dengan penjabaran visi jangka menengahnya adalah sebagai berikut:
1.1. Visi 2014 – 2023: “Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai lembaga yang unggul dalam pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.
1.2. Visi 2019 – 2023: “Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai lembaga yang unggul dalam inovasi pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum terintegrasi di bidang pengajaran bahasa Inggris;
2. Mengembangkan professionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendukung pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris terintegrasi yang relevan dan sesuai kebutuhan;
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi terhadap kebutuhan pendidikan bahasa Inggris;
4. Mengembangkan sarana dan prasarana termasuk teknologi informasi untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi; dan
5. Mengembangkan sistem tatakelola kelembagaan dan pangkalan data berbasis prodi/jurusan untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sistem penjaminan mutu.

Tujuan
1. Menghasilkan tenaga pengajar (pendidik) Bahasa Inggris yang profesional, berkepribadian dan berpengetahuan Islami, serta terampil dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK);
2. Menghasilkan peneliti bidang pembelajaran Bahasa Inggris yang profesional, berkepribadian dan berpengetahuan Islami, serta terampil dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK);
3. Menghasilkan pengembang bahan ajar Bahasa Inggris yang profesional, berkepribadian dan berpengetahuan Islami, serta terampil dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK); dan
4. Menghasilkan penerjemah Bahasa Inggris/Bahasa Indonesia yang handal, profesional, berkepribadian dan berpengetahuan Islami, serta terampil dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

4. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Visi
“Terwujudnya Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Unggul dalam Menerapkan, Memajukan dan Mengembangkan Ilmu Manajemen Pendidikan Islam Melalui Pengajaran, Pengkajian serta Pelayanan kepada Masyarakat di Kawasan di Dunia Tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka membentuk, meningkatkan dan memajukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang mampu merencanakan, mengembangkan dan menerapkan ilmu Manajemen Pendidikan Islam secara akademik dan professional.
2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah di bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam guna memajukan kebudayaan dan peradaban serta menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
3. Melaksanakan pengabdian, pelayanan dan pencerahan di bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam kepada masyarakat.
4. Melaksanakan tata kelola kelembagaan efektif dalam mensukseskan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan
1. Menghasilkan sarjana Manajemen Pendidikan Islam yang professional, memiliki kompetensi kepribadian, keilmuan, keterampilan, berkarya dan bermasyarakat.
2. Menghasilkan sarjana Manajemen Pendidikan Islam yang berwawasan global dan mampu memanfaatkan IT dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu.
3. Menghasilkan sarjana Manajemen Pendidikan Islam yang memiliki integritas pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan, equalitas dan bertanggung jawab.
4. Menghasilkan sarjana Manajemen Pendidikan Islam yang mampu memberikan layanan konsultasi dan advokasi menajerial pendidikan pada satuan pendidikan.

Profil Lulusan Prodi Manajemen Pendidikan Islam
1. Profil Utama Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam adalah:
Menyiapkan Lulusan menjadi Tenaga Kependidikan (Tenaga Administrasi) pada lembaga pendidikan Islam dan organisasi/instansi yang menangani pendidikan.
2. Profil Tambahan Lulusan: Menyiapkan lulusan menjadi
a. Pengelola lembaga pendidikan (madrasah, sekolah, lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, pondok pesantren, majlis taklim, dan diniyah takmiliyah).
b. Pendidik manajemen dan administrasi di SMK/MAK.
c. Pengelola Pelatihan.
d. Pengelola SDM.
e. Peneliti bidang manajemen pendidikan

5. Program Studi Pendidikan Matematika

Visi
“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Matematika sebagai prodi yang unggul dalam pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pembelajaran matematika berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam dalam disiplin ilmu pendidikan dan keguruan;
2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan matematika berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam;
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang matematika pendidikan dan keguruan berbasis integrasi ilmu,teknologi dan seni dengan Islam;
4. Menyiapkan sumber daya manusia yang berwawasan matematika serta menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
5. Memperkuat sistem tata kelola kelembagaan prodi matematika dalam menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan
1. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, profesional, dan kompetitif;
2. Menghasilkan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan matematika berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
3. Memberi kontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan formal, informal, dan non formal berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam khususnya bidang lembaga pendidikan matematika.

6. Program Studi Pendidikan Ekonomi

Visi
“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Ekonomi yang unggul dalam pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di Dunia pada tahun 2023.”

Misi
1. Menyelenggarakan pembelajaran Penidikan Ekonomi berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam dalam disiplin ilmu pendidikan dan keguruan;
2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan ekonomi dan keguruan berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan ekonomi dan keguruan berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
4. Menyiapkan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi;
5. Memperkuat sistem tatakelola kelembagaan dalam menunjang kelancaran Tri Darma PerguruanTinggi.

Tujuan
1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Ekonomi yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, profesional, dan kompetitif;
2. Menghasilkan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan ekonomi berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;
3. Memberi kontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan ekonomi formal, informal, dan nonformal berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.

7. Program Studi Pendidikan Kimia

Visi
“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Kimia sebagai program studi yang unggul dalam pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan Pembelajaran Kimia yang berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam dalam disiplin ilmu pendidikan dan keguruan.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu Pendidikan Kimia yang berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan kimia berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.
4. Menyiapkan sumber daya manusia untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
5. Memperkuat sistem kelola kelembagaan dalam menunjang kelancaran Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan
1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, professional, dan kompetitif.
2. Menghasilkan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan kimia berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.
3. Memberi kontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan kimia formal, informal, dan nonformal berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam

8. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Visi
“Menjadi Program Studi yang unggul dalam menyiapkan guru MI/SD profesional di bidang pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam dalam disiplin ilmu pendidikan dasar.
2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pendidikan dasar berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam di dunia.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.
4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta sarana dan prasarana sebagai penunjang pengembangan pendidikan dasar berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.

Tujuan
1. Menghasilkan Guru MI/SD yang menguasai paradigma sains Islam;
2. Menghasilkan Guru MI/SD yang memiliki wawasan keilmuan secara komprehensif;
3. Menghasilkan Guru MI/SD yang memiliki pengetahuan tentang metodologi pengajaran;
4. Menghasilkan Guru MI/SD yang cakap dan terampil dalam melaksanakan pembelajaran;
5. Menghasilkan Guru MI/SD yang cakap dan terampil dalam teknologi informasi dan komunikasi.

9. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Visi
”Menjadi lembaga yang unggul dalam menghasilkan Guru Raudhatul Athfal yang berkualitas dalam pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan Pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan islam yang menghasilkan guru profesional pada jenjang pendidikan RA.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu dan keguruan pada jejang pendidikan RA berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam.
4. Menyiapkan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
5. Memperkuat system tata kelola kelembagaan dalam menunjang kelancaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan
1. Menghasilkan guru RA yang menguasai paradigma sains Islam;
2. Menghasilkan guru RA yang memiliki wawasan keilmuan secara komprehensif;
3. Menghasilkan guru RA yang memiliki pengetahuan tentang metodologi pembelajaran
4. Menghasilkan guru RA yang terampil dalam melaksanakan pembelajaran;
5. Menghasilkan guru RA yang cakap dan terampil dalam teknologi informasi dan komunikasi.

10. Program Studi Tadris IPA

Visi
”Menjadi lembaga yang unggul dalam pembelajaran IPA berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pembelajaran IPA berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam.
2. Mengadakan penelitian pendidikan IPA berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam.
3. Mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan IPA berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam.

11. Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Visi
”Menghasilkan pendidik yang profesional, mampu berinovasi dan mengembangkan pendidikan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam berdaya saing global pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang efektif berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan inovasi dalam pengembangan ilmu pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah/sederajat berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam secara nasional maupun internasional.
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dengan Islam yang melibatkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai instansi terkait, baik secara regional maupun nasional.

B. FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM

Visi
“Mewujudkan Fakultas Syari’ah dan Hukum sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Terkemuka di tingkat Dunia dalam bidang hukum dan pranata sosial yang yang terintegrasi pada tahun 2023”

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional dalam bidang hukum dan pranata sosial serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim.
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang hukum dan pranata sosial dengan menggunakan paradigma Islami.
3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan pengetahuan tentang hukum dan pranata sosial berdasarkan paradigma Islami.
4. Menyelenggarakan tatapamong perguruan yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas yang berkelanjutan.
Tujuan
1. Menghasilkan Sarjana Syariah yang ahli dan profesional dalam bidang hukum dan pranata sosial
2. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian dan pengabdian pada masyarakat yang dapat dijadikan referensi dalam bidang hukum dan pranata sosial
3. Menghasilkan kinerja instansi yang efektif untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan.

Fakultas Syariah dan Hukum terdiri dari 7 (tujuh) Program Studi yakni :

1. Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah)

Visi
“Terwujudnya Program Studi Ahwal Syakhsiyyah sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Islam pilihan utama pada tingkat dunia dalam bidang Peradilan Agama dan Hukum Keluarga Islam pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional dalam bidang Peradilan Agama dan hukum keluarga Islam serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim.
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang peradilan dan hukum keluarga dengan menggunakan paradigma Islami.
3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan pengetahuan tentang peradilan agama dan hukum keluarga berdasarkan paradigma islami.
4. Menyelenggarakan tatapamong perguruan yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Tujuan
1. Menghasilkan sarjana syariah yang ahli dan profesional dalam bidang peradilan agama dan hukum keluarga Islam.
2. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian dan pengabdian pada masyarakat yang dapat dijadikan referensi dalam bidang peradilan agama dan hukum keluarga Islam.
3. Menghasilkan kinerja instansi yang efektif untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan.

Prospek Pekerjaan
1. Hakim PA/PTA di Mahkamah Agung
2. Dosen
3. Penghulu dan Kepala KUA
4. BP4 KUA
5. Penyuluh Agama di KUA
6. Pegawai Administratif Kemenag/Pemda
7. Konsultan Hukum Keluarga Islam
8. Advokad
9. Politisi/Legislatif
10. Penyuluh KB (BKKBN)

2. Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah)

Visi
“Mewujudkan Program Studi Muamalah Sebagai lembaga pendidikan tinggi pilihan utama pada tingkat dunia yang mengembangkan hukum muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah) secara integral pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam displin hukum muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah) untuk melahirkan sumber darya manusia yang berkualitas secara akademik dan professional serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim.
2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan hukum muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah) dalam era globalisasi.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan pengembangan perspektif keilmuan hukum muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah).
4. Menyelenggarakan pendidikan yang otonom, akuntabel, transparan dan menjamin peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Tujuan
1. Menjadikan jurusan Muamalah yang mampu menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran dalam displin hukum muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah) yang bermutu, efisien, dan mengakomodasi minat mahasiswa.
2. Menghasilkan sarjana Hukum Islam yang profesional dan tanggap terhadap perubahan masyarakat dalam era globalisasi
3. Mewujudkan jurusan muamalah sebagai pusat kebudayaan akademis dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan pengembangan perspektif keilmuan hukum muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah)
4. Mewujudkan jurusan Muamalah sebagai penyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.

Prospek Pekerjaan
1. Bekerja di Bank Syari’ah, Badan Amil Zakat, Baitul Mal wa Al-Tamwil (BMT), Pegadaian Syari’ah, Asuransi Syari’ah dan Lembaga Keuangan lainnya.
2. Bekerja di Kementerian Agama, Staf, KUA dan lain-lain.
3. Bekerja di Pengadilan Agama, sebagai staf, Panitera, Juru Sita, Hakim. Provinsi Riau dalam bidang pendidikan dan pelatihan, sosialisasi dan pertukaran informasi dalam masalah hukum zakat, wakaf dan juga ekonomi.
4. Bekerja sebagai Pengacara

3. Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum

Visi
“Terwujudnya Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Pilihan Utama yang Mengembangkan Hukum Islam, Perundang-undangan secara Komperatif dan Integral di Tingkat Dunia pada Tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional dalam bidang hukum dan mengistinbatkan hukum.
2. Menjadikan jurusan PMH sebagai sarana untuk membentuk sumber daya manusia yang professional dalam bidang perbandingan mazhab dan mengeluarkan sarjana ulama yang mujtahid.
3. Menyiapkan sumberdaya manusia untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan:
1. Menjadikan program studi Perbandingan Mazhab dan Hukum yang mampu menyelenggarakan program pendidikan tinggi di bidang peradilan dan hukum Islam yang bermutu, efisien, dan mengakomodasi minat mahasiswa .
2. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang profesional dan mampu mengidentifikasi permasalahan sosial kontemporer serta tanggap terhadap perubahan masyarakat.
3. Mewujudkan program studi Perbandingan Mazhab dan Hukum sebagai pusat keunggulan ilmu-ilmu syari’ah di tingkat nasional dan regional.
4. Membudayakan masyarkat akademis untuk melakukan penelitian sebagai dasar pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
5. Meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam penyelenggaraan pendidikan.

Prospek Pekerjaan
Prodi ini menghasilkan sarjana ahli di bidang perbandingan mazhab dan hukum yang dapat terkait istimbath hukum dan ahli mengayomi masyarakat di bidang hukum. Problem istimbath dan ifta’ yang cendrung mengalami kekosongan karena ketidakmampuan merumuskan hukum sesuai dengan metodologinya menyebabkan prodi ini mendapatkan peluang untuk mengabdikan dirinya baik di instansi pemerintah seperti peradilan agama ataupun masyarkat sebagai arbitrator, ataupun menyelesaikan masalah-masalah waris yang dimintakan oleh masyarakat dan panutan masyarakat di bidang hokum.

4. Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah)

Visi
“Mewujudkan program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) sebagai wadah pendidikan tinggi Islam utama dan berkualitas yang mempelopori pengembangan hukum tata negara Islam secara professional dan integral pada tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas secara akademik dan professional dalam bidang Hukum Tata Negara Islam secara integral.
2. Melaksanakan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang hukum terutama tentang permasalahan Hukum Tata Negara dengan mempergunakan paradigm Islami.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara integral dengan menggunakan paradigm Islami.
4. Menyiapkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Islam di bidang hukum dan pranata sosial.

Tujuan
1. Menjadikan prodi Hukum Tata Negara (Siyasah) yang mampu menyelenggarakan program pendidikan tinggi di bidang Hukum Tata Negara Islam yang bermutu, efisien, dan mengakomodasi minat mahasiswa.
2. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang profesional dan mampu mengidentifikasikan permasalahan sosial kontemporer serta tanggap terhadap perubahan masyarakat.
3. Mewujudkan Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah) sebagai pusat keunggulan ilmu-ilmu Syariah di tingkat nasional, regional dan internasional.
4. Membudayakan masyarakat akademis untuk melakukan penelitian sebagai dasar pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
5. Meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam penyelenggaraan pendidikan

Sasaran
1. Mengembangkan ilmu Hukum Tata Negara Islam.
2. Mengembangkan paradigma keilmuan yang berbasis aqidah.
3. Mewujudkan keunggulan akademik.

5. Program Studi Ekonomi Syariah

Visi
“Mewujudkan program studi Ekonomi Syari’ah sebagai program studi unggulan dalam melahirkan sarjana yang professional di bidang ekonomi syariah di dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka melahirkan sumber daya manusia dalam ilmu ekonomi syariah yang berkualitas.
2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu ekonomi dan keuangan syariah yang relevan dengan pembangunan nasional
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara integral dalam bidang ekonomi dengan paradigma Syari’ahi.
4. Menyiapkan sumber daya manusia untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tujuan
1. Terlaksananya sistem pendidikan dan pengajaran yang mampu mengintegrasikan ilmu ekonomi dalam paradigma Syari’ah.
2. Terlaksananya penelitian dan kajian di bidang ekonomi dan keuangan syariah yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional.
3. Terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang madani dalam kerangka ekonomi syariah.
4. Terlaksananya program Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing prodi Ekonomi Syari’ah.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
1. Terwujudnya Sarjana Ekonomi Syariah yang memiliki ilmu pengetahuan tentang ekonomi Syari’ah, soft skill dan live skill yang memenuhi stándar kebutuhan lapangan kerja di bidang lembaga keuangan syariah.
2. Terwujudnya berbagai karya tulis yang dikembangkan dosen maupun mahasiswa Prodi Ekonomi Syari’ah yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional.
3. Terwujudnya masyarakat yang makmur dan sejahtera dengan paradigma ekonomi syariah.
4. Terwujudnya prodi Ekonomi Syari’ah sebagai centre of exellence di kawasan dunia.

6. Program Studi D3 Perbankan Syari’ah (D3 PS)

Visi
“Mewujudkan program studi Diploma Tiga Perbankan Syariah sebagai program studi unggulan dalam melahirkan sarjana diploma yang professional di bidang perbankan syariah di Dunia tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka melahirkan sumber daya manusia dalam perbankan syariah yang berkualitas.
2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan perbankan syariah dan keuangan syariah yang relevan dengan pembangunan nasional
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara integral dalam bidang Keuangan Syariah dengan paradigma Islami.
4. Menyiapkan sumber daya manusia untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan
1. Terlaksananya sistem pendidikan dan pengajaran yang mampu mengintegrasikan ilmu ekonomi dalam paradigma Islam.
2. Terlaksananya penelitian dan kajian di bidang ekonomi dan keuangan syariah yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional dan internasional.
3. Terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang madani dalam kerangka ekonomi syariah.
4. Terlaksananya program Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing Prodi Diploma Tiga Perbankan Syariah.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
1. Terwujudnya Sarjana diploma perbankan Syariah yang memiliki ilmu pengetahuan tentang Perbankan Syariah, soft skill dan live skill yang memenuhi stándar kebutuhan lapangan kerja di bidang lembaga keuangan syariah di tingkat internasional.
2. Terwujudnya berbagai karya tulis yang dikembangkan dosen maupun mahasiswa Prodi Diploma Tiga Perbankan Syariah yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional dan internasional.
3. Terwujudnya masyarakat yang makmur dan sejahtera dengan paradigma ekonomi syariah.
4. Terwujudnya Prodi Diploma Tiga Perbankan Syariah sebagai centre of exellence secara internasional.

7. Program Studi Ilmu Hukum

Visi
“Mewujudkan Program Studi Ilmu Hukum sebagai program unggulan dalam melahirkan Sarjana Hukum yang profesional, dan Islami di bidang ilmu hukum sebagai pilihan utama di tingkat dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka melahirkan sumber daya manusia yang ahli di bidang ilmu hukum.
2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu hukum yang relevan dengan pembangunan nasional.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara integral dalam bidang hukum dengan paradigma islami.

Tujuan:
Tujuan Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum adalah untuk menghasilkan manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak, berkarakter, disiplin, bertanggungjawab, kreatif, mandiri, mempunyai etos kerja, produktif, cerdas, trampil, sehat jasmani dan rohani, memiliki semangat kebangsaan.
Secara khusus, program studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Ilmu hukum adalah:
1. Mempersiapkan alumni yang menguasai disiplin Ilmu Hukum dengan baik, dan mendalami ilmu agama dengan baik pula sehingga melahirkan sarjana Ilmu Hukum yang profesional dan Islami.
2. Mempersiapkan alumni yang berkualitas dan terampil untuk menciptakan dan mengisi lowongan kerja yang ada.
3. Mempersiapkan alumni yang mampu berkreasi dan berinovasi dalam berbagai bidang pekerjaan Ilmu Hukum.
4. Menjadikan Program Studi Ilmu Hukum sebagai pusat studi yang unggul dalam bidang kajian dan penelitian Ilmu Hukum.
5. Terbentuknya jaringan yang kuat dan fungsional dengan para alumni

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
1. Meningkatkan jumlah alumni yang dapat mengabdi di masyarakat,
2. Meningkatkan jumlah, kualitas dan relevansi hasil penelitian sesuai kebutuhan,
3. Mengikutsertakan Program Studi Ilmu Hukum dalam berbagai kegiatan bidang-bidang hukum, sosial dan keagamaan.
4. Meningkatkan kinerja pelayanan pada pelanggan.
5. Meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan keuangan;
6. Meningkatkan kerjasama dengan instansi dan lembaga-lembaga hukum,
7. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan program studi Ilmu Hukum di Perguruan Tinggi lain,
8. Meningkatkan kualitas pelayanan di bidang akademik dan non akademik,
9. Melakukan review kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
10. Meningkatkan jumlah sarjana Program Studi Ilmu Hukum yang berprestasi dan tepat waktu;
11. Meningkatnya mutu pengelolaan manajemen Program Studi

C. FAKULTAS USHULUDDIN

Visi
”Terwujudnya Fakultas Ushuluddin sebagai fakultas terkemuka dalam integrasi ilmu Ushuluddin dengan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni di dunia pada tahun 2023”.

Misi
Untuk merealisasikan Visi Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau 2023, disusun Misi dalam pernyataan-pernyataan (mission statemens) sebagai berikut :
1. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis integrasi ilmu-ilmu Ushuluddin dengan Ipteks dan Seni;
2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu-ilmu Ushuluddin berbasis Ipteks dan Seni;
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu-ilmu Ushuluddin yang terintegrasi Ipteks dan Seni;
4. Menyelenggarakan kelembagaan yang efektif untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi;
5. Menyelenggarakan sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi berbasis integrasi ilmu-ilmu Ushuluddin dan Ipteks dan seni di Dunia.

Fakultas Ushuluddin terdiri dari 3 (Tiga) Program Studi yakni :

1. Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam

Visi
“Terwujudnya Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam sebagai prodi yang terkemuka dalam ilmu aqidah dan filsafat Islam yang terintegrasi dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di dunia tahun 2023”.

Misi
1. Membentuk sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu menerapkan dan memajukan ilmu Aqidah, Tasawuf dan Filsafat secara akademik serta memahami dan menjalankan ajaran Islam dengan istiqamah.
2. Memajukan kualitas keislaman dalam bidang ilmu Aqidah, Tasawuf dan Filsafat yang dilandaskan nilai-nilai Islam.
3. Mensosialisasikan Ilmu Aqidah dan Filsafat Islam kepada masyarakat

Tujuan
1. Menghasilkan sarjana Muslim yang berkualitas, implementatif dan aplikatif dalam ilmu Aqidah, Tasawuf dan Filsafat.
2. Menghasilkan sarjana Muslim yang menjadi motor penggerak peningkatan kualitas aqidah, akhlak masyarakat melalui dakwah, dan enterpreneurship yang persuasif dan inovatif di tengah masyarakat.
3. Menghasilkan pemikiran keislaman yang solutif dan implementatif dalam menjawab persoalan kebangsaan dalam aspek aqidah pada khususnya, dan tasawuf serta filsafat.

2. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Visi
“Terwujudnya Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir sebagai Prodi terkemuka dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni di dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, Tekhnologi dan Seni;
2. Melakukan penelitian dalam Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, Tekhnologi dan Seni;
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, Tekhnologi dan Seni.

Tujuan
1. Melahirkan sarjana muslim yang memiliki kompetensi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, Tekhnologi dan Seni;
2. Melakukan riset bidang Al-Qur’an dan Tafsir yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, Tekhnologi dan Seni dan mempublikasikan hasil kajian dalam bentuk buku, jurnal nasional dan internasional versi cetak dan online serta pertemuan ilmiah;
3. Melakukan pengabdian masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat

3. Program Studi Studi Agama-agama

Visi
“Terwujudnya Program Studi Studi Agama-Agama sebagai Prodi terkemuka dalam bidang Studi Agama-Agama yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang kajian agama-agama yang berlandaskan iman dan taqwa, berjiwa toleran, kritis dan inovatif;
2. Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu dan keterampilan dalam bidang Ilmu-ilmu keushuluddin dan sosial keagamaan kepada masyarakat.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan di bidang ilmu Studi Agama-agama yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, profesional dan kompetitif;
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan meneliti dalam pengembangan bidang kajian agama-agama yang terintegrasi dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
3. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam pembinaan keagamaan dan pembangunan kerukunan antar umat beragama yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni.

4. Program Studi Ilmu Hadits

Visi
“Terwujudnya Program Studi Ilmu Hadits sebagai Prodi terkemuka dalam bidang Ilmu Hadits yang terintegrasi dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Ilmu Hadis yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
2. Melakukan penelitian di bidang Ilmu Hadits yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Hadits yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Tujuan
1. Melahirkan sarjana muslim yang memiliki kompetensi bidang ilmu hadits yang terintegrasi dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
2. Melakukan riset bidang ilmu hadits yang terintegrasi dengan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mempublikasikan hasil kajian dalam bentuk buku, jurnal nasional dan internasional versi cetak dan online serta pertemuan ilmiah;
3. Melakukan pengabdian masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

D. FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI

Visi
“Terwujudnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai lembaga pendidikan tinggi pilihan utama pada tingkat dunia yang mengembangkan ajaran Islam, ilmu pengetahuan dan teknologi dan atau seni secara integral pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim.
2. Menyelenggarakan Penelitian dan pengkajian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ seni dengan menggunakan pradigma Islami.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/seni dengan menggunakan pradigma islami.
4. Menyelenggarakan tata pamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

Tujuan
Dengan mengacu pada mission statements di atas, maka Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau menetapkan tujuan-tujuan pengembangan berikut ini:
1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif: mempunyai iman yang kuat, pengetahuan yang luas, keterampilan yang tinggi, etos dan akhlak mulia.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan inovatif berbasis riset integratif dalam beragam aspek kehidupan untuk kemaslahatan manusia.
3. Berkontribusi melalui pengetahuan integratif dan inovatif dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil-alamin untuk membangun masyarakat berkeadaban (civilized society);
4. Mewujudkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang mampu menampilkan kemandirian, keterbukaan, efisiensi dan efektifitas, serta menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan.
5. Menjadikan sumber daya insani Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau sebagai agen-agen perubahan (agents of change) untuk membangun kapasitas lembaga (capacity building) terkemuka di dunia yang berbasis integrasi keilmuan.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari 4 (Empat) Program Studi yakni:

1. Pengembangan Masyarakat Islam

Visi
“Menjadikan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam sebagai pendidikan tinggi unggul dan kompetitif dengan mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dan nilai-nilai keIslaman dalam riset dan pemberdayaan masyarakat pada tingkat dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi nilai-nilai keislaman dan keilmuan untuk melahirkan lulusan yang unggul dan kompetitif dalam bidang pengembangan keilmuan riset dan pemberdayaan masyarakat.
2. Mengembangkan potensi dan kapasitas mahasiswa PMI dalam pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.
3. Mengembangkan model pemberdayaan masyarakat melalui kerangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan kearifan lokal.
4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif: mempunyai iman yang kuat, pengetahuan yang luas, keterampilan yang tinggi, etos dan akhlak mulia.
2. Mengembangan ilmu pengetahuan inovatif berbasis riset integratif dalam bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat.
3. Berkontribusi melalui pengetahuan integratif dan inovatif dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil-‘alamin untuk membangun masyarakat berkeadaban (civilized society) dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui komunitas pendampingan dan desa binaan.
4. Mewujudkan jurusan Pengembangan Masyarakat Islam sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang mampu menampilkan kemandirian, keterbukaan, efisiensi dan efektifitas, serta menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan.
5. Menjadikan sumber daya insani jurusan Pengembangan Masyarakat Islam sebagai agen-agen perubahan (agents of change) untuk membangun kapasitas lembaga (capacity building) terkemuka yang berbasis integrasi keilmuan.

2. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam

Visi
”Terwujudnya Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam yang unggul dan kompetetif dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada tingkat dunia pada tahun 2023”.

Misi
Untuk merealisasikan Visi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, disusunlah misi Prodi sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan Bimbingan dan Konseling Islam yang berkualitas secara akademik untuk melahirkan lulusan yang unggul dan kompetitif.
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan Bimbingan dan Konseling Islam.
3. Memanfaatkan Bimbingan dan Konseling Islam untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan akhlakul karimah.
4. Mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai kapasitas, integritas, dan etos untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi berbasis Bimbingan dan Konseling Islam.

Tujuan
Kompetensi Prodi yang akan dicapai oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Islam yang terangkum dalam tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Kedua tujuan ini dijabarkan dari tujuan universitas dan fakultas. Tujuan jangka panjang mencakup kegiatan akademis berkelanjutan dalam jangka waktu lima tahun dan tujuan jangka pendek terkait dengan kegiatan akademik dalam tiap tahun akademik.
1) Tujuan Jangka Panjang
a. Meningkatkan kualitas Prodi Bimbingan dan Konseling Islam yang unggul dan bertaraf Internasional dalam menghasilkan tenaga konselor yang profesional, berkualitas dan bertaqwa kepada Allah SWT.
b. Menggiatkan program peningkatan kinerja layanan berbasis mutu secara berkelanjutan menuju peningkatan efisiensi dan produktivitas disertai dengan peningkatan kesejahteraan sumber daya manusia.
c. Menguatkan program jejaring dengan lembaga-lembaga dan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan keilmuan (up date knowledge) dalam bidang Bimbingan Konseling Islam.
2) Tujuan Jangka Pendek
a. Menghasilkan konselor yang memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan dalam bidang Bimbingan dan konseling Islam dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
b. Menghasilkan konselor yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
c. Menghasilkan konselor yang mampu melakukan penelitian dalam bidang konseling Islam untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta berkontribusi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
d. Mewujudkan sumber daya manusia yang bertanggungjawab, disiplin, sesuai dengan aturan yang berlaku di institusi.
e. Memfasilitasi dosen untuk mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, workshop, seminar baik lokal maupun internasional dalam bidang bimbingan konseling Islam.
f. Mewujudkan pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisien sebagai upaya peningkatan mutu Prodi Bimbingan dan Konseling Islam.
Sasaran dan Strategi Pencapaian
Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Islam adalah sebagai berikut:
a. Lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang bimbingan konseling Islam, yang bertakwa kepada Allah, berbudi pekerti luhur, bermartabat, bertanggung jawab, serta berwawasan luas.
b. Lulusan yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, melakukan penelitian dalam bidang bimbingan konseling islam serta berperan aktif dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.
c. Lulusan yang siap kerja yang memiliki wawasan dan keterampilan pedagogis, metodologis, dan managerial dalam bidang bimbingan bimbingan konseling islam.

Target pencapaian
Merujuk dari sasaran yang akan dicapai oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Islam diatas, maka dirumuskanlah target pencapaian Prodi Bimbingan dan Konseling Islam sebagai berikut:
a. Konselor
Lulusan mampu menjadi konselor profesional, mampu mengenali konsep teoritis maupun praktis tentang konseling. Merencanakan program layanan, melaksanakan dan mengevaluasinya, serta mengembangkan profesionalisme sebagai konselor. Mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman, sosial-humaniora, sains, dan teknologi untuk membantu mengembangkan potensi, pencegahan serta pemecahan masalah orang lain dalam kaitannya sebagai konselor.
b. Terapis Islam
Lulusan mampu menjadi terapis Islam yang mengenal konseling dan problematikanya. Menguasai konsep terapis Islam, melakukan layanan terapi Islam, mengembangkan konsep dan praktik layanan terapi Islam sebagai setting di masyarakat, serta mengintegrasikan terapi Islam dengan ilmu-ilmu sosial-humaniora serta sains dan teknologi.
c. Motivator
Lulusan mampu menjadi motivator profesional, mampu mengenali potensi dan problematikan konseling. Memberikan motivasi bagi peningkatan potensi dan penyelesaian masalah konseling. Mengembangakan kegiatan motivasi dalam kajian keagamaan, keluarga, masyarakat dan berbagai komunitas.

3. Program Studi Ilmu Komunikasi

Visi
“Terwujudnya Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai pusat pengembangan keilmuan dan keterampilan yang profesionalisme dalam rumpun IlmuKomunikasi yang Islami di dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran pada bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting.
2. Mengadakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang Jurnalistik, Public Relations, danBroadcasting.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan keilmuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting berlandaskan Akhlak al-Karimah.

Tujuan
1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan Akademik dan praktis yang profesional dalam bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting.
2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mensejahterakan dan berkeadilan.
3. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan Intelektual dan Integritas berakhlak al-karimah.

4. Program Studi Manajemen Dakwah

Visi
“Menjadi Prodi Manajemen Dakwah yang Profesional, Unggul dan Kompetitif dalam Bidang Manajemen dan Pengelolaan Lembaga Dakwah secara Integratif pada Tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Manajemen Dakwah secara profesional meliputi kajian pada Manajemen Lembaga Dakwah, Manajemen Travelling Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan, Manajemen Zakat dan Wakaf.
2. Menyelenggarakan kegiatan Manajemen Dakwah secara profesional sesuai dengan prinsip-prinsip Manajemen Islam di bidang Manajemen Lembaga Dakwah, Manajemen Travelling Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan, Manajemen Zakat danWakaf.
3. Melaksanakan kegiatan dalam upaya membangun semangat akademik yang kondusif, kreatif dan inovatif bagi pengembangan keilmuan dakwah.
4. Melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholders baik swasta maupun pemerintah dalam dan luar negeri terutama dalam bidang penelitian dan pengembangan sumber daya manusia (human resources development).

Tujuan
1. Menciptakan lulusan yang mampu mengkaji dan mengembangkan Manajemen Dakwah secara professional.
2. Menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan praktis dalam mengelola Lembaga-lembaga Dakwah, Lembaga Travelling Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan serta Lembaga Zakat dan Wakaf.
3. Menciptakan lulusan yang mampu mengembangkan kajian-kajian keilmuan dalam bidang dakwah secara integratif.

Sasaran
1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan, pengajaran, dan penelitian bidang Manajemen Dakwah melalui penerapan system pendidikan yang terintegrasi.
2. Terselenggaranya kegiatan pengembangan Manajemen Dakwah melalui penerapan Manajemen Lembaga Dakwah, Manajemen Travelling Haji, Umrah dan Wisata Keagamaan, Manajemen Zakat dan Wakaf.
3. Terbentuknya tradisi intelektual dan akademik yang kuat melalui berbagai kajian dan penelitian yang dilakukan dalam rangka pengembangan ilmu dan proses pemecahan masalah social dan agama.
4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara integrasi, terorganisir dan berkesinambungan sebagai wujud aplikasi ilmu dan tanggung jawab sosial.

StrategiPencapaian
1. Melakukan tinjauan kurikulum minimal 5 tahun sekali.
2. Melakukan monitoring perkuliahan, pengembangan silabus, SAP, dan bahan ajar setiap semester (ganjil dan genap).
3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian untuk dosen dan mahasiswa dalam bidang pemberdayaan masyarakat.
4. Mengembangkan kualitas SDM dengan mengirimkan dosen untuk studi lanjut pada bidang yang relevan.
5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Pengabdian Masyarakat.
6. Meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa melalui pelatihan dan praktikum.
7. Melakukan kerjasama baik dalam dan luar negeri dengan lembaga-lembaga terkait dengan disiplin Manajemen Dakwah.

E. FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

Visi
“Terwujudnya Fakultas Sains dan Teknologi sebagai fakultas pilihan utama pada tingkat dunia yang menyelenggarakan pendidikan integrasi sains dan Islam, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang berkualitas pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas yang mengintegrasikan antara sains, teknologi, dan Islam.
2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas di bidang sains dan teknologi, yang mampu mendukung pada kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas.
3. Menyelenggarakan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas, sehingga mampu memberikan pendampingan kepada masyarakat, terutama pada penyelesaian permasalahan keislaman.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan disertai keimanan Islam yang kuat.
2. Menghasilkan penelitian berkualitas yang mampu mendukung pada kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas.
3. Terwujudnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, melalui penerapan pengetahuan dan hasil penelitian sains dan teknologi, sehingga mampu memberikan pendampingan kepada masyarakat, terutama pada penyelesaian permasalahan keislaman.

Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari 5 (lima) Program Studi yakni :

1. Program Studi Teknik Informatika

Visi
“Terwujudnya Program Studi Teknik Informatika sebagai program studi yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang mengintegrasikan Informatika dan Islam pada tingkat duniapada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas yang mengintegrasikan antara Informatika dan nilai-nilai keIslaman.
2. Menyelenggarakan penelitian yang unggul di bidang Informatika, yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman.
3. Memanfaatkan kajian informatika yang terintegrasi keislaman untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan bangsa.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang unggul di bidang Informatika dan memiliki akhlak yang Islami pada tahun 2023.
2. Menghasilkan silabus dan kurikulum Informatika yang mengintegrasikan keislaman pada tahun 2023.
3. Menghasilkan karya-karya ilmiah di bidang Informatika yang mengintegrasikan nilai keislaman pada tahun 2023.
4. Berkonstribusi melalui pengetahuan integratif dan inovatif dalam kajian Informatika untuk membangun bangsa pada tahun 2023.

2. Program Studi Teknik Industri

Visi
”Menjadikan Program Studi Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan integrasi sains dan Islam, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik industri yang berkualitas di tingkat dunia pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan yang berwawasan keilmuan dan profesional dalam bidang Teknik Industri serta terintegrasi dengan nilai keislaman.
2. Melaksanakan penelitian di bidang keilmuan Teknik Industri yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat.
3. Memberikan pelayanan dan pengabdian yang tepat guna bagi masyarakat dan industri khususnya di bidang Teknologi Industri.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan islami yang memiliki kemampuan kepemimpinan, akademik, dan profesional di bidang Teknik Industri.
2. Menghasilkan kurikulum yang terintegrasi antara IPTEK dan IMTAQ.
3. Mewujudkan iklim akademis yang kondusif dan islami.
4. Menghasilkan karya ilmiah yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat.
5. Berupaya menjadi pusat kajian teknik industri yang terintegrasi dengan nilai keislaman di tingkat internasional.
6. Terwujudnya kegiatan pengabdian yang tepat guna kepada masyarakat, melalui penerapan pengetahuan dan hasil penelitian bidang Teknik Industri, sehingga mampu memberikan pendampingan yang berkualitas.

3. Program Studi Sistem Informasi

Visi
“Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan Sistem Informasi yang handal pada tingkat dunia dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan integrasi nilai-nilai keIslaman pada tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang handal dalam bidang teknologi informasi, manajemen sistem informasi dan bisnis informasi yang terintegrasi dengan nilai-nilai keIslaman.
2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dan berkualitas di bidang sistem informasi.
3. Melaksanaan pengabdian, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademis dan praktis di bidang sistem informasi yang berwawasan keislaman.
2. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang dipublikasikan dalam skala nasional dan internasional.
3. Menghasilkan produk sistem informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, institusi dan stakeholder.
4. Menghasilkan kemitraan yang strategis dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah tingkat lokal, nasional dan internasional.

4. Program Studi Matematika

Visi
“Menjadikan Program Studi Matematika sebagai salah satu program studi pilihan utama pada tingkat dunia di lembaga pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan ajaran Islam pada Tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang terintegrasi dengan ajaran Islam.
2. Merangsang dan memotivasi terbentuknya kelompok penelitian di Program Studi Matematika yang menyokong pengembangan IPTEK dan ajaran Islam.
3. Melaksanakan kegiatan yang menerapkan ilmu matematika dalam rangka lebih membumikan matematika pada masyarakat

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di tingkat internasional.
2. Menghasilkan penelitian dibidang matematika yang terintegrasi dengan ajaran Islam yang bertaraf internasional.
3. Menghasilkan kegiatan yang menerapkan ilmu matematika melalui pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan ajaran Islam

5. Program Studi Teknik Elektro

Visi
“Terwujudnya Prodi Teknik Elektro yang melahirkan ahli elektro yang Islami serta terselenggaranya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas pada tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan Teknik Elektro yang bermutu dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam dan kemanusiaan
2. Melaksanakan penelitian bidang Teknik Elektro yang inovatif dan/atau bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa.
3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Teknik Elektro atau bidang terkait lainnya.
4. Menerapkan manajemen yang memfasilitasi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sumber daya insani.

Tujuan
1. Pada tahun 2023, menghasilkan Sarjana Teknik Elektro yang memiliki etika dan etos islami, mampu berkiprah dalam lingkungan Nasional dan antar bangsa, dan memiliki kecakapan berwirausaha.
2. Pada tahun 2023, menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi atau model dalam bidang teknik elektro yang layak diusulkan mendapatkan paten atau dapat diterapkan pada industri atau masyarakat.
3. Pada tahun 2023, melaksanakan program-program yang bermanfaat secara langsung kepada masyarakat melalui transfer atau penerapan pengetahuan Teknik Elektro atau bidang terkait lainnya.
4. Pada tahun 2023, menerapkan manajemen yang efektif, transparan dan akuntabel sehingga pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan SDM yang Islami berlangsung secara optimal.

F. FAKULTAS PSIKOLOGI

Visi
“Menjadi Fakultas Psikologi yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengintegrasikan ilmu dengan Islam di dunia tahun 2023”.

Misi
Untuk dapat mencapai visi tersebut, Fakultas Psikologi menetapkan beberapa misi sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dalam mengintegrasikan Ilmu Psikologi dengan Islam;
2. Melaksanakan penelitian unggulan dalam mengintegrasikan Ilmu Psikologi dengan Islam;
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan Ilmu Psikologi dengan nilai-nilai keislaman.
4. Menerapkan tata kelola fakultas yang baik

Tujuan
Dengan mengacu pada pernyataan dalam misi di atas, maka Fakultas Psikologi menetapkan tujuan-tujuan pengembangan sebagai berikut:
1. Tujuan Pendidikan: menghasilkan lulusan Sarjana Psikologi yang berkualitas dan kompetitif: beriman dan bertakwa, memiliki etos yang kuat, pengetahuan yang luas, dan keterampilan yang tinggi;
2. Tujuan Penelitian: menghasilkan penelitian yang mengintegrasi Psikologi dengan nilai-nilai keislaman, melalui penelitian indigenous psychology, peningkatan publikasi ilmiah dan peningkatan alokasi dana, sarana, dan prasarana penelitian.
3. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat: memberikan kontribusi bagi pembentukan civil society, melalui pelayanan psikologis dan program pengabdian pada masyarakat yang berbasis penelitian.
4. Tujuan Tata Kelola: mewujudkan Fakultas Psikologi sebagai lembaga yang mampu menampilkan kemandirian, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas, dengan menerapkan prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan

Sasaran
Sebagai ukuran pencapaian tujuan-tujuan tersebut maka ditetapkan sasaran dan strategi pencapaian sebagai berikut:
a. Meningkatnya daya saing lulusan di tingkat nasional
b. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian dan publikasi penelitian yang mengintegrasikan ilmu dengan Islam
c. Meningkatnya kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan masyarakat berkeadaban.
d. Terselenggaranya tata kelola fakultas yang baik

Strategi Pencapaian
Berdasarkan sasaran tersebut dirumuskan strategi pencapaian sebagai berikut:
a. Bidang Pendidikan:
1) Meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan
2) Menyelenggarakan sistem pembelajaran yang efektif
3) Mengaplikasikan kurikulum yang terstandar
4) Menyelenggarakan sistem evaluasi pembelajaran secara objektif dan transparan
b. Bidang Penelitian
1) Meningkatkan persentase dana penelitian per tahun
2) Meningkatkan persentase dana penelitian integrasi keislaman
3) Meningkatkan jumlah publikasi penelitian dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional
4) Meningkatkan jumlah publikasi penelitian integrasi keislaman dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi
c. Bidang Pengabdian Masyarakat
1) Menyediakan berbagai modul intervensi sosial dan pemecahan masalah yang dapat diterapkan langsung dalam masyarakat
2) Menyediakan berbagai usulan kebijakan yang dapat diterapkan oleh institusi pemerintah dan dunia usaha.
d. Bidang Tata Kelola
1) Meningkatkan grade akreditasi
2) Meningkatkan kepuasan dosen dan tenaga kependidikan
3) Menciptakan budaya mutu fakultas

G. FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL

Visi
”Menjadi fakultas yang unggul dalam mengembangkan dan mengintegrasikan keilmuan dibidang Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial menuju pendidikan tinggi berkelas dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan berkompetitif dibidang ilmu ekonomi dan ilmu sosial.
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis integrasi keilmuan dibidang ilmu ekonomi dan ilmu sosial.
3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dibidang ilmu ekonomi dan ilmu sosial yang integratif untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan peradaban manusia.
4. Menerapkan tata kelola (good governance) lembaga yang memfasilitasi integrasi keilmuan secara otonom, efektif, transparan dan akuntabel.
5. Mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai kapabilitas, integritas, dan etos untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis integrasi keilmuan khususnya dibidang ilmu ekonomi dan ilmu sosial.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial yang berkualitas dan kompetitif: mempunyai iman yang kuat, pengetahuan yang luas, keterampilan yang tinggi, etos dan akhlak mulia;
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan inovatif berbasis riset integratif dalam bidang ilmu ekonomi dan sosial dalam beragam aspek kehidupan untuk kemaslahatan manusia;
3. Berkontribusi melalui pengetahuan integratif dan inovatif dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil-alamin untuk membangun masyarakat berkeadaban (civilized society);
4. Mewujudkan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial yang mampu menampilkan kemandirian, keterbukaan, efisiensi dan efektivitas, serta menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan;
5. Menjadikan sumber daya insani yang mempunyai kapabilitas, integritas, dan etos untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis integrasi keilmuan khususnya di bidang ilmu ekonomi dan ilmu sosial.

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial terdiri atas 6 (enam) Program Studi yakni :

1. Program Studi Manajemen

Visi
” Menjadi Program Studi yang unggul dalam mengembangkan dan mengintegrasikan keilmuan di bidang Ilmu Manajemen menuju pendidikan tinggi berkelas dunia tahun 2023″.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan berkompetitif dibidang ilmu Manajemen.
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan seni berbasis integrasi keilmuan dibidang ilmu Manajemen.
3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni dibidang ilmu Manajemen yang integratif untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan peradaban manusia.
4. Menerapkan tata kelola (good governance) lembaga yang memfasilitasi integrasi keilmuan secara otonom, efektif, transparan dan akuntabel.
5. Mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai kapabilitas, integritas, dan etos untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis integrasi keilmuan khususnya dibidang ilmu Manajemen.
Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai Program Studi Manajemen adalah Menghasilkan sarjana muslim yang berakhlak mulia dan profesional dalam bidang Manajemen. Untuk mewujudkan hal tersebut, harus selaras dengan pencapaian relevansi antara tujuan, visi, misi dengan Tri Dharma perguruan tinggi antara lain:
1. Untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan berkompetitif dibidang ilmu Manajemen melalui integrasi ilmu dan nilai-nilai Islam.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni, olahraga dan inovasi melalui program penelitian dibidang ilmu Manajemen.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan IPTEK, Inovasi, melaksanakan kegiatan di bidang seni maupun olahraga yang berguna untuk masyarakat.
4. Menerapkan tata kelola (good governance) melalui integrasi keilmuan berbasis keislaman
5. Pada akhirnya menghasilkan sumber daya insani (SDM yang syar’i) yang mempunyai kapabilitas, integritas, dan etos untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis integrasi keilmuan khususnya dibidang ilmu Manajemen.

2. Program Studi D3 Manajemen Perusahaan

Visi
“Menjadi program studi unggulan yang menciptakan lulusan Ahli Madya di bidang manajemen perusahaan yang berkualitas dan profesional yang terintegrasi dengan ajaran Islam serta berorientasi pada dunia bisnis tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkesinambungan.
2. Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar.
3. Mengembangkan prodi sesuai dengan kebutuhan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terintegrasi dengan ajaran islam.
4. Menerapkan tata kelola (good governance) program studi D3 Manajemen Perusahaan yang memfasilitasi integrasi keilmuan dengan ajaran Islam secara otonom, efektif, transparan dan akuntabel.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik, professional, berdedikasi, bertanggung jawab dan berwawasan dibidang manajemen perusahaan serta berintegrasi dengan ajaran islam.
2. Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing didunia kerja atau menciptakan lapangan usaha.
3. Menyebarluaskan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan ditengah masyarakat
4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam proses pendidikan dan pengajaran, melaksanakan praktek kerja lapangan, serta pembuatan kurikulum, dan SAP.
5. Menyelengarakan pelayanan akademis berdasarkan SOP.

3. Program Studi Akuntansi

Visi
“Menjadikan Program Studi Akuntansi yang unggul dalam ilmu Akuntansi yang terintegrasi dengan ajaran Islam melalui pengajaran, pengkajian dan pengabdian menuju perguruan tinggi berkelas dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan dengan ajaran Islam untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif di bidang akuntansi
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis integrasi keilmuandengan ajaran Islam di bidang akuntansi
3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dengan ajaran Islam untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan ekonomi masyarakat.
4. Menerapkan tata kelola (good governance) program studi akuntansi yang memfasilitasi integrasi keilmuan dengan ajaran Islam secara otonom, efektif, transparan dan akuntabel.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan akuntansi yang berkualitas dan kompetitif, mempunyai iman yang kuat, pengetahuan yang luas, keterampilan yang tinggi, etos dan akhlak mulia.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan inovatif berbasis riset integratif dengan ajaran Islam dalam bidang akuntansi meliputi berbagai aspek kehidupan untuk kemaslahatan manusia.
3. Memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pengetahuan integratif dan inovatif sesuai dengan ajaran Islam untuk membangun perekonomian masyarakat.
4. Mewujudkan program studi akuntansi yang mampu menampilkan kemandirian, keterbukaan, efisiensi dan efektifitas, serta menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan.

4. Program Studi D3 Akuntansi

Visi
“Menjadi Program Studi DIII Akuntansi profesional dan terkemuka yang berwawasan internasional serta memiliki karakter kewirausahaan yang Islami berkelas dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional di bidang akuntansi.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan bidang Akuntansi sesuai dengan kebutuhan pasar baik nasional maupun internasional.
3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berkarakter kewirausahaan yang Islami.
4. Menerapkan tata kelola (good governance) program studi akuntansi yang memfasilitasi integrasi keilmuan dengan ajaran Islam secara otonom, efektif, transparan dan akuntabel.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Akuntansi
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis integrasi keilmuan dengan ajaran Islam di bidang akuntansi
3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dengan ajaran Islam untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan ekonomi masyarakat.

5. Program Studi Ilmu Administrasi Negara

Visi
“Menjadikan Program Studi Administrasi Negara unggul dalam mengembangkan dan mengintegrasikan keilmuan dibidang administrasi Negara menuju perguruan tinggi berkelas dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif di bidang Administrasi Negara.
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang Administrasi Negara berbasis integrasi keilmuan dibidang administrasi Negara.
3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni yang integrative untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan peradaban manusia.
4. Menerapkan Tata Kelola (good governance) lembaga yang memfasilitasi intgrasi keilmuan secara otonom, efektif, transfaran dan akuntabel.
5. Mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai kapabilitas integrasi dan etos kerja untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis integrasi keilmuan khususnya dibidang administrasi negara.

Tujuan
Menghasilkan Sarjana Muslim yang berakhlak mulia, professional serta unggul dalam mengembangkan dan mengintegrasikan keilmuan di bidang Administrasi Negara.

6. Program Studi Administrasi Perpajakan

Visi
“Mencetak tenaga ahli madya profesional, jujur dan berakhlak mulia di bidang administrasi perpajakan serta menjadi Program Studi unggul berkelas dunia tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif di bidang Administrasi Perpajakan .
2. Melaksanakan Penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang Administrasi Perpajakan berbasis integrasi keilmuan.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat.
4. Menerapkan Tata Kelola Lembaga yang baik (good governance) sebagai sarana untuk melahirkan ahli madya Administrasi perpajakan yang unggul dibidangnya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman
5. Mengembangkan Sumber Daya Insani di bidang Administrasi Perpajakan berbasis Integrasi Keilmuan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi.
6. Memahami konsep-konsep perpajakan dan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.
7. Memahami prosedur administrasi perpajakan.
8. Mampu menggunakan teknologi komputer dan akuntansi dalam mengelola perpajakan.
9. Memahami dan mampu menganalisis laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan.
10. Mendidik dan menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil;
11. Mendidik dan menghasilkan tenaga ahli madya yang bertaqwa dan berakhlak mulia
12. Menyiapkan alumni yang siap pakai dan berketrampilan terutama untuk pekerjaan di sektor perpajakan
13. Memberikan program pendidikan yang menjadi kebutuhan kerja saat ini
14. Terampil menghitung dan mengisi SPT semua jenis pajak dan retribusi.
15. Terampil melakukan penyelidikan dan penyidikan sengketa pajak.
16. Terampil menyelesaikan persoalan dan sengketa pajak.
17. Terampil membuat perencanaan perpajakan..

Tujuan
1. Menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kecerdasan emosional, dan intelektual yang tinggi.
2. Menyiapkan mahasiswa yang beriman dan bertaqwa, berwawasan Islami serta menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.
3. Menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, ahli dan terampil dalam bidang administrasi dan akuntansi perpajakan.
4. Menciptakan mahasiswa yang mampu melihat potensi pajak, merumuskan kebijakan perpajakan dan sekaligus memecahkan persoalan perpajakan.
5. Mampu mengaplikasikan ketentuan-ketentuan perpajakan dalam praktek perpajakan.
6. Mampu menguasai teknologi perpajakan berbasis eSPT dan teknologi berbasis komputer lainnya.
7. Mampu membuat dan merencanakan manajemen perpajakan berdasarkan peraturan perundang-undangan.
8. Menciptakan mahasiswa yang mampu menganalisis laporan keuangan untuk menunjang keperluan perpajakan.

H. FAKULTAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN
Visi
“Menjadikan Fakultas Pertanian dan Peternakan sebagai Fakultas terkemuka di dunia pada bidang pertanian lahan gambut dan peternakan tropis yang berdaya saing global dengan menghasilkan lulusan berakhlak Islami dan mampu berbakti ilmu bagi kesejahteraan manusia pada tahun 2023”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pertanian lahan gambut dan peternakan tropis secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi yang islami.
2. Melaksanakan penelitian bidang pertanian lahan gambut dan peternakan tropis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan menggunakan paradigma Islam.
3. Melakukan pengabdian ilmu dan teknologi pertanian-peternakan kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat Riau khususnya dan dunia umumnya.
4. Menerapkan tata pamong yang otonom, akuntabel dan transparan dalam penyelenggaraan program dan pembangunan lingkungan akademik.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan professional, berwawasan keislaman dan keilmuan secara terintegrasi serta berdisiplin dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu dan teknologi.
2. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah di bidang pertanian dan peternakan untuk memajukan kehidupan masyarakat.
3. Menerapkan ilmu dan teknologi bidang pertanian dan peternakan serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
Fakultas Pertanian dan Peternakan terdiri dari 2 (dua) program studi yakni:
1. Program Studi Agroteknologi
Visi
“Menjadi Program Studi yang terkemuka di dunia yang mengembangkan sains dan teknologi pertanian lahan gambut yang terintegrasi dengan nilai-nilai islam dan sumber daya manusia yang profesional pada tahun 2023”.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pertanian lahan gambut.
2. Mengembangkan sains dan teknologi pertanian lahan gambut yang terintegrasi dengan nilai-nilai islam melalui penelitian.
3. Menerapkan Iptek di masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan
1. Menghasilkan sarjana pertanian yang memiliki kemampuan dasar untuk memaksimumkan produksi tanaman pertanian dengan pengelolaan lingkungan pertanian lahan gambut yang lestari untuk menunjang pembangunan pertanian berkelanjutan.
2. Menghasilkan sarjana pertanian yang berakhlak mulia, memiliki kemampuan akademik dan profesional di bidang pertanian serta berdisiplin dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu dan teknologi dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, dan berbangsa.
3. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah di bidang pertanian lahan gambut untuk memajukan kehidupan masyarakat

2. Program Studi Peternakan

Visi
“Menjadi Program Studi Peternakan yang terkemuka di dunia dan berkualitas dalam memajukan dan mengembangkan ilmu dan teknologi bidang peternakan tropis tahun 2023 yang terintegrasi dengan Islam melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”.

Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas di bidang peternakan tropis secara akademik dan profesional serta memiliki pribadi yang islami.
2. Melakukan penelitian dan kajian di bidang peternakan tropis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan menggunakan paradigma Islam.
3. Menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan paradigma Islam.

Tujuan
1. Menghasilkan sarjana peternakan berakhlak mulia yang memiliki kemampuan akademik dan profesional bidang peternakan yang mempunyai ilmu dan berwawasan islam serta mampu mengembangkannya dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
2. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah pada bidang teknologi peternakan untuk memajukan kehidupan masyarakat.
3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi peternakan serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
4. Memberikan pelayanan dan sumberdaya kepada masyarakat dalam hal pengembangan peternakan.