Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SPAN PTKIN Tahun 2019 UIN Suska Riau

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA RIAU) pada tahun akademik 2019/2020 menerima mahasiswa baru total 3.032 orang untuk program Diploma 3 dan Strata 1. Jumlah kuota pada tahun akademik 2019/2020 mengalami penurunan dibandingkan tahun akademik 2018/2019 dengan jumlah 5.188 orang. Hal ini karena adanya rasio penetapan jumlah kuota yang berstandar pada akreditasi program studi. Salah satu sistem penerimaan mahasiswa baru TA. 2019/2020 adalah jalur SPAN PTKIN yang merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru di bawah Kementerian Agama RI. Selain SPAN PTKIN Kementerian Agama RI juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UM PTKIN.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN

UIN Suska Riau melalui sistem penerimaan mahasiswa baru menerima calon mahasiswa sebanyak 316 orang yang tersebar pada 4 Fakultas dan 19 Program Studi (https://span-ptkin.ac.id), hal ini karena adanya regulasi yang harus diikuti yaitu program studi yang telah terdaftar melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN tidak dibenarkan lagi untuk mengikui jalur SPAN dan UM PTKIN. Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN PTKIN telah dibuka pada tanggal 23 Januari 2019 lalu, yang mana pendaftaran ini bertepatan dengan launching SPAN dan UM PTKIN yang dilaksanakan di Hotel Borobudur Jakarta Pusat pada tanggal 23 Januari 2019 yang mana launching ini langsung dilakukan oleh Menteri Agama RI Bapak Lukman Hakim Syaifuddin.

Jadwal penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN PTKIN bisa dilihat melalui laman website https://span-ptkin.ac.id, dan untuk informasi Fakultas dan Program Studi UIN Suska Riau silahkan kunjungi laman website http://akademik.uin-suska.ac.id melalui menu fakultas dan program studi. Ayo kuliah di UIN Suska Riau.