Mahasiswa Peternakan UIN Suska Riau Tembus Top Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) di Universitas Gadjah Mada

Tim Panutan Suska menjadi Top Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Mahasiswa Peternakan dalam Dies Natalis ISMAPETI XXXV Tahun 2018 di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini dilaksanakan pada 19-21 April 2018. Panutan Suska merupakan Tim dari mahasiswa program studi Ilmu Peternakan UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang terdiri dari Agus Sagala (2014); Eli Nurfarida (2015); dan Nashihul Ulwan (2016).

Tim Panutan Suska mengangkat topik pengembangan Sapi Kuantan yang dinamis dan terintegrasi melalui sebuah platform dalam layanan: Crowfunding, Marketplace, Agrowisata, Informasi Peternakan Terpadu (ITP), serta Zakat dan Infaq. Sapi Kuantan merupakan sapi lokal khas Riau yang dijumpai di Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu. Agus Sagala mengatakan kendala dalam pengembangan Sapi Kuantan adalah keterbatasan modal atau rendahnya investasi dan akses pasar. Dalam kompetisi ini, Panutan Suska mendapatkan peringkat tujuh dari Top 10. Mereka bersyukur bisa bersaing dengan Universitas ternama yang ada di Indonesia.

Agus Sagala mengajak kepada mahasiswa UIN Suska Riau lainnya untuk berani mencoba berkompetisi di acara nasional dan memperoleh prestasi yang lebih dari pendahulunya. Tips lolos seleksi LKTIN / sejenisnya dari Agus adalah berani mencoba ambil peluang tanpa takut gagal. Kemudian terus belajar, perbanyak diskusi ke yang berpengalaman di bidangnya serta perbanyak membaca referensi. Terakhir, jika gagal segeralah bangkit, pelajari kesalahan, perbaiki karya, dan mencoba lagi.

Ia juga mengharapkan kepada pihak kampus untuk lebih mendukung dan memperudah urusan administrasi keberangkatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan yang membawa nama kampus terutama di kancah nasional dan internasional.

Mengenai gagasan Panutan Suska ini mereka berharap ada instansi terkait yang bisa mendukung terkait pengembangan Sapi Kuantan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.